Jumat, Oktober 11, 2013

Curhatan Anak SMA tentang Kurikulum 2013

pas saya lgi buka forum KASKUS saya liat ada yg curhat tentang kurikulum 2013 ini , langsung saja di baca-baca ya rekan ....



assalamu'alaikum wr.wb



"Jerit Hati Murid SMA "



Di kurikulum ini , pemerintah nyuruh kita , bahkan kita diharuskan aktif . Misalnya nanya sama guru , maju ke depan kelas untuk menjelaskan apa yg dipelajari .


Tapi apa pemerintahnya udah aktif?banyak kasus yg di telantarin seolah ga terjadi apa-apa ! Mungkin ada yg aktif , tapi ga semua . Sedangkan kita? Kita semua harus aktif! .


Kita harus menguasai banyaknya pelajaran , mungkin ada 15 (berdasarkan jadwal mid) . Kita belajar senin - jum'at 5 hari . 15 pelajaran buat 5 hari? Berarti kita harus paham 3 pelajaran tiap hari? (sabtu minggu libur)


Kacau ! . Anggap aja kita tidur 6 jam , sekolah 8 jam , transportasi 1 jam , makan mandi 2 jam , shalat dsb 1 jam , udh berapatuh? 18 jam? Sehari 24 jam - 18 jam = 6 jam , 6 jam buat belajar 3 mata pelajaran? 1 mata pelajaran cuma 2 jam sehari? Siapa yg sanggup? Itu semua blm di itung istirahat (waktu senggang) , main ,, seandainya tanpa main pun , apa cukup? Ngga!


Menurut gw kurikulum 2013 ini ga efektif !
Masalah buku paket , pemerintah aja blm siapin buku paket buat kita , gimana mau belajar? Lks juga ga lengkap , internet? Apa kalian pikir kita semua udh pake internet? Ada yg blm mampu , blm punya nb sendiri , ada yg punya nb tapi gapunya modem , gimana mau belajar efektif?

Kita terbebani kurikulum ini!



Kita belajar menggunakan tekhnologi (gadget untuk media internet , powerpoint untuk presentasi dll) tapi diantara 15 kurikulum yg ada , ga ada pelajaran TIK . Kita ga diajarin gmn cara penggunaannya ! Okelah mungkin dianggap sudah bisa , tapi bagaimana dgn yg belum bisa?


Kembali ke awal .
Siswa dipaksa aktif , bertanya pada guru , menjelaskan apa yg dipelajari ke depan kelas . Tidak semua murid berani bertanya , tidak semua murid dapat menjelaskan di depan kelas (tidak pandai bicara, grogi, blm benar2 hafal, dan biasanya blank saat maju ke depan). Tidak mudah merubah kebiasaan buruk itu .

sumber

nah isinya seperti begitu ,, nih pendapat menurut salah satu agan yang sama dengan ane
  Justru karena banyak murid yang gak aktif itu ada benernya juga kurikulum ini, biar anak anaknya gak pasif. Pemerintah gak sepenuhnya salah dan nggak sepenuhnya bener. Cuma emang skill buat berbicara adalah skill yang bakalan lu butuhin pake banget waktu lu kerja, enjoy aja lah lu berjuang juga worth kok. Emang udah jadi kebiasaan di indonesia murid jadi kelinci percobaan, mau protes ampe goblok juga gabakalan di tanggep, udah lakuin aja makin ngeluh makin males juga lu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar